4 Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 8 Terbaru

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 8

Terlalu banyak deadline pekerjaan tentu juga berdampak pada performa perangkat yang sedang digunakan. Tentu hal seperti ini akan membuat stress dan lebih tertekan apabila terjadi gangguan. Lantas bagaimana cara mengatasi laptop lemot Windows 8?

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 8

Saat sistem di laptop mulai lambat dan kurang responsif, tentunya Anda mencari cara terbaik untuk mengatasinya. Bagi orang-orang yang tidak paham dengan hal-hal seperti ini, tentu mereka akan menganggap sangat rumit dan sulit. Namun beberapa tips di bawah ini mungkin dapat dicoba. 

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 8

Menutup Program yang Tidak Perlu

Guna mempercepat laptop Anda yang sudah lambat, tutuplah program tidak perlu dan tidak digunakan lagi. Pasalnya ketika beberapa aplikasi terbuka secara bersamaan, maka akan membuat perangkat juga terasa berat dalam mengoperasikannya. Jadi menonaktifkannya menjadi salah satu solusinya. 

Untuk melakukannya, Anda bisa menekan tombol Ctrl, Delete dan Alt bersamaan. Selanjutnya pilih opsi Task Manager. Lihatlah aplikasi apa saja yang terbuka dan cek kembali seberapa besar memori telah digunakan untuk membukanya. Setelah itu, tutup program jika sudah tidak digunakan lagi. 

Memeriksa Koneksi Internet dan Web Browser

Selanjutnya, Anda bisa mengecek web browser pada laptop Windows 8 jika sudah mulai dirasa lambat. Pastikan bahwa program tersebut selalu up to date. Apabila pengguna terlambat untuk melakukan upgrade, maka akan ada banyak bug di dalamnya sehingga membuatnya lemot. 

Apabila ada opsi untuk menginstall versi terbaru secara otomatis, Anda bisa mengaktifkannya agar tidak mudah lupa. Selain itu, web browser yang memiliki banyak add on dan juga extension juga bisa memperlambat kinerja laptop. 

Memasang Antivirus

Salah satu alasan klasik ketika laptop sudah berubah menjadi lemot adalah terkena virus atau serangan malware. Layaknya seorang manusia, sebuah perangkat pun juga bisa terserang penyakit sehingga membuat performanya menurun. Agar hal ini tidak terjadi, cobalah untuk memasang antivirus. 

Anda bisa menggunakan antivirus terbaik dari rekomendasi fikrirasy.id untuk menghilangkan berbagai macam virus. Jangan lupa agar selalu mengeceknya secara rutin. Selain itu, lakukan update sehingga virus baru pun dapat terbaca setelah diinstall.

Menggunakan Aplikasi Sesuai Spesifikasi Windows 8

Sebenarnya hal ini perlu diperhatikan sebelum Anda membeli sebuah laptop. Pastikan untuk mengetahui spesifikasi dari perangkat tersebut. Pasalnya hal ini mampu membantu seorang pemilik dalam memilih aplikasi apakah sudah sesuai atau belum. 

Misalnya ketika Anda hendak menginstall game favorit namun ukurannya cukup berat padahal spesifikasi tidak memadai. Apabila dipaksakan, maka akan berpengaruh pada laptop yang terasa semakin lemot saat menjalankannya. 

Banyak cara mengatasi laptop lemot Windows 8 dapat Anda lakukan seperti di atas jika perangkat sudah mengalami keterlambatan performa. Mengingat bahwa penyebabnya pun beragam sehingga langkah untuk memperbaikinya pun juga perlu disesuaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.