5 Cara Menghilangkan Jamur Pada Marmer dan penyebab Terbaru

Cara Menghilangkan Jamur Pada Marmer dan penyebab

Batu marmer diminati untuk menghias rumah karena memiliki tampilan yang indah dan terlihat mewah. Namun batu marmer terutama dipasang pada tempat yang lembab, sangat rentan ditumbuhi jamur atau lumut. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui cara menghilangkan jamur pada marmer.

Penyebab Munculnya Jamur Pada Marmer

Marmer berasal dari proses pengerasan dari batu kapur akibat tekanan dan panas di dalam kerak bumi. Selain memiliki keindahan, marmer juga memiliki kelemahan. Cairan berwarna seperti tinta dan kopi yang tertumpah di atasnya akan cepat menyerap ke dalam pori-porinya.

Selain itu marmer dipasang pada tempat lembab rentan ditumbuhi jamur. Hal ini disebabkan karena jamur tumbuh di area lembab, tidak memiliki sirkulasi udara baik, dan kurang sinar matahari. Penyebabnya bisa karena cipratan air hujan, atap bocor atau rembesan air pada dinding dan lantai.

Cara Menghilangkan Jamur Pada Marmer dan penyebab

Kehadiran jamur bukan hanya akan mengganggu keindahan interior rumah tetapi juga akan mengganggu kesehatan penghuni rumah tersebut. Oleh karena itu jamur yang tumbuh harus segera dibasmi. Tak perlu pusing, banyak cara mudah yang bisa dilakukan untuk membasmi jamur tersebut.

Berikut Ini Cara Menghilangkan Jamur Pada Marmer

Seiring maraknya penggunaan marmer dalam interior rumah, muncul juga jasa poles marmer yang menawarkan jasanya untuk melakukan perawatan interior yang menggunakan marmer. Poles marmer dilakukan secara berkala untuk menghasilkan lantai yang mengkilap.

Menggunakan Produk Penghilang Noda Jamur Seperti Pembersih Silica

Pembersih silica merupakan salah satu produk yang sengaja dirancang untuk menghilangkan noda jamur. Salah satunya pada bahan marmer. Produk ini mudah untuk kita jumpai, tak hanya di toko-toko terkait, tetapi juga di toko online.

Anda juga harus memastikan bahwa lantai atau barang yang terbuat dari marmer bebas dari air. Selain itu, jauhkan juga dari bahan-bahan dengan ph tinggi. Perawatan juga bisa dilakukan dengan coating ekstra, sebagai perlindungan tambahan.

Menggunakan Produk Pembersih Lantai

Perawatan marmer terkesan merepotkan. Namun penampilan batu marmer mewah dan cocok untuk berbagai perabotan. Penggunaan produk pembersih lantai bisa ditempuh sebagai salah satu perawatan atau upaya cara menghilangkan jamur pada marmer.

Pengaplikasian produk pembersih lantai pun mudah, yaitu dengan mencampurkan produk pembersih dengan air hangat. Tak hanya produk pembersih, Anda bisa juga menggunakan cairan pencuci piring dengan pH rendah. Setelah itu, keringkan lantai dengan kain lembut supaya tidak menimbulkan flek.

Menggunakan Produk Pengkilap

Saat ini banyak pula produk pengkilap yang sengaja dibuat sebagai pengkilap lantai marmer atau barang-barang yang terbuat dari marmer. Produk ini berguna untuk menjaga keindahan marmer yang Anda punya. Hasilnya dapat optimal jika diaplikasikan dengan baik.

  1. Siapkan permukaan yang akan dibersihkan, lalu setelah itu bersihkan dengan air bersih, bisa diaplikasikan dengan kanebo pastikan sampai kotoran dan debu hilang seluruhnya dan biarkan hingga permukaan zona kering.
  2. Setelah kering, oleskan produk pengkilap dengan kain halus secara bertahap produk di semua bagian permukaan zona sampai merata, diamkan selama 15 menit.
  3. Gosok dengan lap kering halus secara perlahan di zona bagian yang sudah dioleskan produk sampai mengkilap kembali seperti baru.
  4. Gunakan serabut besi/steelwool untuk menggosoknya sampai benar-benar bersih agar tidak terlihat bercak.

Melakukan Upaya Pencegahan Untuk Mengantisipasi Tumbuhnya Lumut Atau Jamur di Rumah

Sedia payung sebelum hujan, begitu peribahasa nya. Sebelum jamur tumbuh dan repot mengatasinya, Anda bisa melakukan upaya awal sebagai bentuk antisipasi tumbuhnya jamur pada interior yang berbahan marmer. Beberapa hal pencegahan yang dapat dilakukan diantaranya sebagai berikut :

  1. Menggunakan cat tembok anti air dan anti jamur yang mudah untuk dibersihkan
  2. Menggunakan produk khusus yang menghambat pertumbuhan lumut dan jamur
  3. Menggunakan alat dehumidifier untuk mengurangi tingkat kelembaban udara di dalam ruangan
  4. Memeriksa dan memperbaiki talang dan atap rumah yang bocor
  5. Memastikan sirkulasi udara di dalam rumah lancar dan jangan biarkan ruangan pengap
  6. Memastikan setiap ruangan mendapatkan sinar matahari yang cukup

Demikian cara menghilangkan jamur pada marmer. Pengetahuan mengenai hal ini akan sangat berguna untuk kedepannya. Tidak hanya berguna bagi seorang arsitek serta kontraktor saja, namun juga berguna bagi pemilik rumah atau yang berencana yang menggunakan marmer sebagai interiornya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.